. Berdoa di Bulan Ramadhan Berdoa di Bulan Ramadhan

Contact Us

Diberdayakan oleh Blogger.

Most Popular

Search This Blog

13 September 2009

Berdoa di Bulan Ramadhan

KULTUM SATPOL TEMANGGUNG
Puja dan puji syukur mari kita panjatkan kehadhirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan nikmat yang diberikan kepada kita sekalian pada kesempatan ini ,sehingga detik ini kita masih bisa bertemu kembali di tempat yang mulia ini. Semoga atas Kehadiran kita saat ini mendapatkan ilmu yang bermanfaat. 
Dan tidak lupa shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW dimana beliaulah yang membimbing umat manusia dari jalan kegelapan menuju kejalan terang benderang, yakni dengan membawa misinya addienul islam, yaitu agama islam

Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang berdo'a di bulan Ramadhan dan di hari hari berikutnya
Aturan untuk shoum di bulan Ramadhan telah ditetapkan Allah SWT dalam surat Al Baqarah dari ayat 183 sampai ayat 187. Hampir seluruh ayat tersebut terdapat kata-kata shoum:
•http://kultum.files.wordpress.com/2008/09/qs002-183s.gif (Al Baqarah 183)
•  http://kultum.files.wordpress.com/2008/09/qs002-184s.gifAl Baqarah 184)
http://kultum.files.wordpress.com/2008/09/qs002-185s.gif(Al Baqarah 185)
http://kultum.files.wordpress.com/2008/09/qs002-187s.gifAl Baqarah 187)
Hanya ayat 186 yang tidak mengandung kata shoum:

http://kultum.files.wordpress.com/2007/10/qs2_186.gif?w=477&h=89



“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”
Peletakan ayat ini diantara ayat-ayat tentang shoum Ramadhan bukan tanpa maksud. Kalau ditilik dari asbabun nuzul ayat ini adalah berkenaan dengan datangnya seorang Arab Badui kepada Nabi SAW yang bertanya: “Apakah Tuhan kita itu dekat, sehingga kami dapat munajat/memohon kepada-Nya, atau jauh, sehingga kami harus menyeru-Nya?” Nabi SAW terdiam, hingga turunlah ayat ini. (Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir, Ibnu Abi Hatim, Ibnu Marduwaih, Abussyaikh dan lain-lain).
Menurut riwayat lain, ayat ini turun berkenaan dengan sabda Rasulullah SAW: “Janganlah kalian berkecil hati dalam berdoa, karena Allah SWT telah berfirman ‘Ud’uni astajib lakum’ (berdoalah kamu kepada-Ku, pasti aku mengijabahnya)” (QS 40:60). Berkatalah salah seorang di antara mereka: “Wahai Rasulullah! Apakah Tuhan mendengar doa kita atau bagaimana?” Sebagai jawabannya, turunlah ayat ini (Diriwayatkan oleh Ibnu ‘Asakir yang bersumber dari Ali.)
Menurut Sayyid Qutb dalam kitabnya Fii Zhilalil Quran, Allah menjawab langsung tentang keberadaanNya yang sangat dekat dan langsung berfirman bahwa Dia akan mengabulkan segala doa kita. Dalam ayat ini juga terdapat tiga syarat untuk diterimanya suatu doa. Pertama, doa tersebut harus dipanjatkan kepada-Nya secara langsung. Jadi janganlah kita berdoa kepada mahluk Allah seperti jin, makam atau pohon. Dan kalaupun berdoa akan lebih baik apabila doa tersebut diucapkan secara langsung kepada-Nya. Syarat kedua dalam berdoa adalah kita harus memenuhi segala perintah Allah SWT. Seperti ketika seorang anak sebaiknya mengikuti nasehat/perintah orang tuanya untuk mendapatkan yang diinginkannya. Sedang syarat ketiga adalah kita harus beriman kepada-Nya agar doa kita diterima.
Walaupun ayat 186 ini tidak mengandung kata shoum, tapi penempatan ayat ini menunjukkan pentingnya kita berdoa pada bulan Ramadhan. Hal ini sesuai dengan hadits nabi SAW:
http://kultum.files.wordpress.com/2008/09/hd_doa1.gif


“Orang yang berpuasa memiliki doa yang mustajab pada waktu berbuka.” (Diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud)
Atau dalam hadits lain, nabi SAW bersabda:
http://kultum.files.wordpress.com/2007/10/hds-3-golongan.gif?w=349&h=104


“Ada tiga orang yang tidak akan ditolak doanya yaitu pemimpin yang adil, orang yang berpuasa sehingga dia berbuka dan orang yang dianiaya. Doa mereka diangkat oleh Allah di bawah awan pada hari kiamat dan dibukakan untuknya pintu-pintu langit dan Allah berfirman, ‘Demi keagungan-Ku, Aku akan menolongmu walaupun sesudah suatu waktu’” (Riwayat Imam Ahmad, Tirmidzi, Nasai dan Ibnu Majah)
Demikianlah, urgensi dari berdoa dalam bulan Ramadhan karena hal itu meningkatkan kemungkinan doa kita diterima. Maka perbanyaklah kita berdoa dalam bulan Ramadhan. Semoga Allah SWT menerima doa kita.
Wallahua’lam bish showab.
demikianlah yang kami sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini, mudah - mudahan kita mengerti sekaligus dapat mengamalkan dalam kehidupan kita sehari -hari.Terima kasih atas perhatian dan mohon maaf atas segala kekurangannya, Akhirul Kalam, Wassamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

0 komentar:

Related Posts with Thumbnails

KASATPOL PP TEMANGGUNG

KASATPOL PP TEMANGGUNG
Drs. SATRIA ENDRA BASUKI, MM
Dalam Proses, Mohon Tunggu
Sponsored By :Satpol Temanggung.

Kolom Info

Forum milik Admin Forum milik Satpol lihat postingan anda di sini " W A S P A D A" Di masa sulit seperti ini banyak orang yang memanfaatkan keadaan, jangan mudah percaya pada hal apapun hati hati terhadap produk/iklan baru mungkin saja itu penipuan
Kantor Satpol PP Temanggung pindah di Gedung KORPRI Jl. Jend.A.Yani 32 D Temanggung ==Nomor Telepon Kantor== **Satpol PP 0293-492089** *Polres Tmg 0293-491170* **Kodim Tmg 0293-491103** ***Dinsos 0293-491129*** ****DPRD 0293-493481**** **Setda Tmg 0293-491004** ***RSU Tmg 0293-491119***

BUKU TAMU

INFO LAINNYA....TERTARIK ?

Tempat Chatting

INSPIRASI

Jalin Teman

Sehubungan dengan banyaknya pertanyaan baik lewat BBM, WhatsApp, Telepon maupun SMS maka diberitahukan bahwa sampai saat ini belum ada lowongan / penerimaan anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Temanggung, selanjutnya bila nantinya ada lowongan SATPOL PP maka prosedur pengadaan akan dilaksanakan lewat Badan Kepegawaian Daerah ( BKD ) Kabupaten Temanggung. Demikian untuk menjadikan periksa ttd Satpol PP Temanggung
 
" SILAHKAN KIRIM PESAN MAUPUN KOMENTAR ANDA, AKAN KAMI HARGAI TULISAN ANDA, TERIMA KASIH "

Ikuti beritaku

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Kembali lagi ke atas